Jumat, 29 Oktober 2010

perguruan dan pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.


Filosofi pendidikan

Pendidikan biasanya berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup.
Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia akan bisa (mengajar) bayi mereka sebelum kelahiran.
Bagi sebagian orang pengalaman kehidupan sehari-hari lebih berarti daripada pendididkan formal.

Pendidikan dasar

 merupakan jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah anak-anak yang melandasi jenjang pendidikan menengah.

Pendidikan menengah

Pendidikan menengah merupakan jenjang pendidikan lanjutan pendidikan dasar. EERER

Pendidikan tinggi

adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program sarjana, magister, doktor, dan spesialis yang diselenggarakan oleh 

Jalur pendidikan

Jalur pendidikan adalah wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan.

Pendidikan formal

merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi.


Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara perguruan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasuswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen Menurut jenisnya, perguruan tinggi dibagi menjadi dua:
  • Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang pengelolaan dan regulasinya dilakukan oleh negara.
  • Perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang pengelolaan dan regulasinya dilakukan oleh swasta.

perguruan tdan pendidikan mempunyai saling keterkaitan, bila suatu perguruan tidak memiliki kualitas yang baik maka pendidikannya pun dan mahasiswanya atau dosennya tidak memiliki kualitas. tetapi apabila perguruan itu memiliki kualitas yamg baik maka pasti mpendidikannya dan yang laian-lainnya pun pasti memiliki kualitas yang baik pula dan lulusannya pun pasti mudah mendapatkan pekerjaan.
perguruan negeri atau swasta tidak menjamin suatu perguruan itu memiliki kualitas yang baik tetapi isi dari pendidikan dan para pengajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar